• Photo Galery

    • HOPE, can`t live without it...
    • April 2014
      MSSRKJS
        12345
      6789101112
      13141516171819
      20212223242526
      27282930   
  • Archives

  • Content Tag

  • Testimonials

  • Blog Roll

  • Statistik

      Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 73522 kali
  • Subcribe RSS of this blog
  • 01 Agustus 2008

    Kisah Pahlawan Paling Heroik Sepanjang Sejarah

    Ditulis oleh Lexus dan telah dikomentari sebanyak 30 buah

    Pahlawan       Saya tertegun ketika melihat-lihat deretan kategori topik yang ditawarkan dalam Flexter Blogging 2008. Dari kelima kategori yang dilombakan, kategori Kisah Cerita Pahlawan merupakan kategori yang paling sedikit pesertanya. Pikiran saya langsung bertanya: ”Mengapa bisa begitu? Apakah sudah sedemikian tidak pedulinya bangsa ini pada para pahlawan? Apakah memang kisah kepahlawanan sudah tidak menarik lagi bagi generasi muda Indonesia zaman sekarang?” Sungguh ironis! Di saat sekarang kita semua bisa bergembira menikmati akses internet murah, menghirup udara segar dan kemerdakaan di negeri ini, tak banyak yang peduli lagi akan kisah kepahlawanan. Apakah karena Indonesia sudah merdeka sejak 63 tahun yang lalu, maka kisah kepahlawan sudah menjadi "cerita lama" yang tidak menarik lagi?


    Bung Tomo      Namun pertanyaannya, apakah memang sekarang ini negara kita sudah benar-benar "merdeka"? Tak banyak penduduk Indonesia yang "sadar" bahwa nilai produk dan jasa yang dihasilkan di negara ini, atau bahasa kerennya Product Domestic Bruto  (PDB), terus mengalami kemerosotan jika dibandingkan  "mantan"penjajah kita, Belanda.
    Tahun 
       PDB Indonesia terhadap Belanda  
      1820 (era P. Diponegoro) 
     39% PDB Belanda
      1950 (era Order Lama)
     15% PDB Belanda
     1992 (era Orde Baru)
     16% PDB Belanda
        2005 (era Orde Reformasi)   
     8% PDB Belanda
                                                       Source: Institut Kemandirian
           Setelah melihat tabel di atas, kita sebagai generasi muda seharusnya "bangun" dari tidur panjang yang memabukkan. Di tengah hiruk pikuk era globalisasi di seluruh penjuru dunia, bangsa Indonesia justru malah sangat sibuk saling menyalahkan dan mengalahkan bangsa sendiri. Jangankan berhenti sejenak untuk memikirkan kemajuan negara ini, menertawakan dan menjelek-jelekkan bangsa sendiri juga sudah menjadi hobi baru kita yang paling menyenangkan bukan?

     

           Namun, ternyata dari 70 juta anak muda di Indonesia, masih ada satu orang  pemuda berusia 20 tahun yang sangat luar biasa. Seorang pemuda yang saya sebut Habibiepahlawan karena ia memiliki nilai-nilai kepahlawanan. Pemuda itu bernama Habibie Afsyah, dia menghabiskan masa mudanya di kursi roda, tangan kirinya tidak bisa digerakkan, tangan kanannya hanya bisa digerakkan sedikit, kedua kakinya sangat kecil. Namun ia tak pernah terlihat mengeluh sedetik pun atas segala kelemahan dan keterbatasannya. Habibie selalu berkata pada orang-orang di sekitarnya: "Kelemahanku adalah sumber kekuatanku untuk sukses." Memang benar, walaupun ia terlahir cacat, Habibie sekarang bisa dibilang sudah menjadi orang sukses. Sebagai seorang internet affiliate  untuk produk-produk elektronik toko online Amazon.com, Habibie rata-rata sudah menghasilkan profit bersih $ 2000 - $ 3000 per bulan, sebuah penghasilan yang sangat besar untuk pemuda yang masih berusia 20 tahun.

            Namun, Habibie adalah orang yang idealis, ia tidak mau melakukan promosi dengan cara yang tidak etis seperti spamming. Ia hanya melakukan promosi  link affiliatenya melalui iklan baris berbayar yang cukup mahal, Google Adwrods. Oleh karena sikapnya ini pula, ia harus merugi selama 9 bulan pertama bisnis internetnya. Namun ia tidak pernah mau menyerah begitu saja, ia terus memperbaiki isi dari iklannya tersebut serta mempelajari kembali produk-produk terlaris yang seharusnya ia jualkan. Yang saya kagum, Habibie begitu rendah hati dan tak pelit membagikan ilmunya kepada para peserta seminar secara gratis. Waktu itu lebih dari 4.000 orang memadati JITEC, Mangga Dua Square untuk melihatnya berbicara. Seusai seminar pun ia masih dikerubuti oleh berbagai penggemarnya.

          Habibie telah mengubah pandangan hidup saya tentang nilai-nilai kehidupan. Ia adalah pahlawan dalam hidup saya. Saya merasa malu apabila menyadari kondisi tubuh saya yang lengkap tanpa cacat fisik namun saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengkritik pemerintahan ketimbang mengembangkan negara ini.

            Habibie telah menginspirasi saya tentang sebuah nilai-nilai kepahlawanan. Saya menyadari bahwa untuk menjadi seorang pahlawan sebenarnya modal utamanya sama, modal yang kita semua miliki, yaitu: sikap atau karakter. Pahlawan berani menentukan sikap untuk memperjuangkan kebenaran dan kemerdekaan. Seandainya sang pahlawan tidak berani bersikap rela berkorban, bisa jadi tidak akan ada tindakan kepahlawanan yang bisa dia lakukan. Seandainya para pahlawan tidak punya sikap yang tegas dan jelas, bisa jadi kisah-kisah kepahlawanan yang heroik tidak akan pernah tercetak dalam buku-buku sejarah… Seandainya pula para pahlawan tidak punya sikap konsisten dan konsekuen dalam bertindak serta mudah terpengaruh oleh orang lain, bisa jadi apa yang diperjuangkan tidak akan kunjung tiba...


    Bung Tomo       Seseorang bisa dianggap pahlawan bukan semata-mata karena dia punya tubuh sehat, kekar, dan tegap. Seseorang disebut sebagai pahlawan bukan karena punya bakat berkelahi, menembak, bermain pedang, berorasi, menulis, menyanyi, serta baca puisi saja. Seseorang mendapat sebutan sebagai pahlawan bukan pula hanya karena kemana-mana mereka mengusung bambu runcing, pistol, maupun senapan. Namun, seseorang menjadi pahlawan karena sikap dan nilai-nilai yang dianutnya! Nilai-nilai luhur yang sebenarnya didengungkan oleh suara hati nurani setiap mahkluk berakal budi...


    Semua orang menantikan kehadiran seorang pahlawan dalam hidupnya. Kehadiran seorang pahlawan yang bisa memberikan kita semua semangat untuk tetap bertahan 1 hari lagi dalam menghadapi pertarungan hidup yang teramat berat. Namun semakin lama saya membaca tulisan ini berulang-ulang, semakin saya menyadari bahwa pahlawan itu sebenarnya bersemayam dalam diri kita sendiri, dalam sanubari kita semua, suara hati yang menjaga kita untuk tetap bersikap jujur, yang senantiasa terus memberikan kita kekuatan dan keberanian untuk melakukan hal-hal yang kita anggap mustahil, yang membuat kita melakukan perbuatan yang mulia serta yang membiarkan kita meninggal dengan senyum bangga...



    Walaupun terkadang untuk menjadi seorang pahlawan kita harus berani tetap bertahan dari rasa sakit dan merelakan semua hal yang kita cintai, bahkan harapan dan nyawa kita sendiri!


    "Pahlawan adalah orang yang sedikit mengeluh namun banyak bertindak...
    Pahlawan adalah orang yang tidak menyalahkan orang lain atau pemerintahnya atas keterpurukan negaranya...
    Pahlawan adalah orang yang berani bertindak dan berinisiatif...
    Pahlawan adalah orang yang melihat solusi di setiap masalah...
    Pahlawan tidak mau menjadi korban sejarah, ia memilih untuk menjadi pelaku sejarah dan menciptakan sejarah baru..."

    "Pahlawan segera mengambil peluang bahkan menciptakan peluang baru karena ia sadar kesempatan tidak akan pernah datang 2 kali!
    Pahlawan adalah orang yang terus belajar dan mawas diri...
    Pahlawan ingin membuat sejarah baru bagi negaranya,
    bukan menjadi bagian dari sejarah lama..."

    "Seorang pahlawan harus berani mengambil dan memperhitungkan resiko dan tidak menyalahkan orang lain atas kegagalannya...

    Menjadi pahlawan adalah menjadi manusia yang spesial,
    bukan menjadi manusia kebanyakan..."


              Akhirnya, saya mau mengakhiri tulisan ini dengan quote dari film Batman-The DarkThe Dark Knight Knight, salah satu film yang menginspirasi saya tentang nilai kepahlawanan, bahwa pilihan hidup itu hanya ada 2: Memilih hidup menjadi pahlawan atau perlahan-lahan menjadi penjahat!”. Pilihan hidup kita memang sangat kontras, tidak ada area abu-abu dalam memenuhi panggilan hidup kita, kita bisa saja sampai mati terus-menerus menyangkal hati nurani kita sendiri, namun kita juga bisa memutuskan untuk mulai berubah dan memenuhi suara panggilan tersebut, to be or not to be that`s the question...

    Selamat bertransformasi dan memuai...

    Mungkin saja kisah pahlawan paling heroik sepanjang sejarah itu adalah kisah hidup kita sendiri dalam bab kehidupan yang belum selesai kita tulis...



    Ada 30 buah komentar untuk Kisah Pahlawan Paling Heroik Sepanjang Sejarah

    1. 06 Agustus 2008

      #1 tim69 berkomentar :

      ”Memilih menjadi pahlawan atau perlahan-lahan menjadi penjahat!”

      kata kata yang dualem. jadi bingung milihnya

    2. 06 Agustus 2008

      #2 hars berkomentar :

      hahahahahahah sepakat... sayah jugak penggemar The dark knight... :D

    3. 07 Agustus 2008

      #3 Thiyoks berkomentar :

      Yah, memang kita adalah seorang pahlawan yang masih hidup untuk saat ini, itu memang betul. Kita adalah pahlawan bagi diri kita sendiri.....

    4. 08 Agustus 2008

      #4 bayuuw berkomentar :

      halooww

      broo mau nanya??

      caranya melihat ID blog kita yak apa??

    5. 08 Agustus 2008

      #5 che_chek berkomentar :

      Yang bisa dibilang pahlawan kalo gw rasa yang punya jasa ma seseorang (pahlawan bagi pribadi) atau........ yang punya jasa bagi orang banyak. (pahlawan bagi rame-rame) Ngerti ga? Kalo ga ngerti ga papa deh.... Orang yang nulis juga lagi bingung. Heheheeee.... Enaknya yang bisa ikutan lomba. Gw juga sebenernya pengen ikutan, tapi bikin blog aja ga bisa....Lagian otak gw lg hang. Good luck to you aje deh.
      cita-cita gw buat nyaingin Raditya Dika kandas deh.....

    6. 08 Agustus 2008

      #6 oneandtwo berkomentar :

      halo salam kenal juga......
      met beraktivitas az

    7. 08 Agustus 2008

      #7 steeven berkomentar :

      Hm..Mnrt aq sih, pahlawan yang paling heroik itu Bung Karno.
      Selain jiwa nasionalismenya tinggi, Bung Karno juga proklamator negara qt, Hehe ^^

    8. 08 Agustus 2008

      #8 chycile berkomentar :

      haiiii lexus, met kenal yach
      pahlawan menrt aq serorg yg berjasa kepada negri & bangsa & tidak menuntut pembayaran krn dia tulus & ikhlas

    9. 08 Agustus 2008

      #9 aang_perdana berkomentar :

      pahlawan adalah orang yang berjasa
      yah bisa jasa apa saja
      jasa mengajar = guru
      jasa memijat= tukang pijat
      dia semua pahlawan bagi yang membutuhkan
      asal dia memberikan sesuatu yang dibutuhkan orang lain
      aang menganggapnya sebagai pahlawan

    10. 08 Agustus 2008

      #10 r-w1n berkomentar :

      kalau menurut gw...pahlawan itu adalah orang yg pernah berjasa dalam segala hal kepada negara kita tercinta ini.

      trus kalau masalah pahlawan yang paling heroik menurut gw adalah Jend. Sudirman....dia adalah seorang pemimpin yang sangat berani dan penuh tanggung jawab.

      thx ya...

    11. 11 Agustus 2008

      #11 Bambang Eko berkomentar :

      Menurut saya menjauhi dan Tidak memakai narkoba bisa di sebut sebagai pahlaawan juga. Pahlawan bagi nasib dan masa depan diri sendiri..
      Merdekaa!!!
      Say No to Drugs

    12. 11 Agustus 2008

      #12 Maragaretta Sagala berkomentar :

      Maaf ya Toge baru kirim comment sekarang. Pahlawan ya. Sekarang ini kerja jadi wartawan, aku bertemu macam-macam orang. Bertemu orang-orang kaya dan berkuasa namun prasangkaku sih banyak di antara mereka juga bukan orang yang berjiwa sejahtera.

      Pahlawan itu menurutku orang yang mau berbagi hidupnya orang lain. Orang yang bekerja bukan cuma untuk pemenuhan materi atau ambisi. Tapi lebih karena dia percaya itulah caranya melayani orang lain. Pahalwan itu orang yang tahu visinya. Meskipun kelak dia mendapat halangan atau cemoohan dia tetap berjuang.

      Pahlawan sepanjang masa. Yah buatku sih jelas. Tuhan Yesus Kristus. Tapi kalau dirasa dia terlalu 'surgawi' sampai susah ditiru. Aku punya satu pahlawan lagi yaitu Bunda Teresa. Karena dia memberi hidupnya untuk orang lain.

      Dalam hidupku aku bertemu beberapa pahlawan: beberapa pastur di Jogjakarta, dosenku yang aktif berjuang untuk perdamaian di Aceh, seorang pemimpin LSM internasional di Jepang. Sebenarnya mereka semua masuk kategori pahlawan buatku. Sekali lagi, karena mereka memberikan hidup mereka buat orang lain. Dan kalau aku boleh berkomentar. Mereka tampak lebih bahagia dan puas dengan hidupnya.

      Salah satu pastur yang ku kagumi berkata. "Ketika kita punya maslah, bantulah orang lain menyelesaikan masalah mereka. Kita pun akan merasa masalah kita lebih ringan."

      Nggak ada yang bisa menggantikan kebahagiaan menjalani hidup yang berbuah untuk orang lain. GBU.




    13. 11 Agustus 2008

      #13 cahyo berkomentar :

      pahlawan ndak perlu muluk muluk,cukup dengan perduli sama orang lain bagi saya adalah pahlawan dijaman sekarang

    14. 15 Agustus 2008

      #14 hermanjul berkomentar :

      great .. setiap kita memang diberi potensi untuk menjadi pahlawan .. tinggal pilihan kita untuk menjadi atau tidak menjadi ...

    15. 19 Agustus 2008

      #15 Hadi berkomentar :

      KBBI - pah·la·wan(n): orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yg gagah berani;

      Karena kebenaran itu relatif, maka pahlawan pun relatif. Pahlawan bagi 1 pihak dapat merupakan penjahat bagi pihak lainnya. Pahlawan cuma satu sebutan untuk pihak yang berhasil meyakinkan lebih banyak orang kalau pihaknyalah yang berada di sisi kebenaran.

      All men are possible heroes [and possible bad guys too].

    16. 19 Agustus 2008

      #16 Wilson berkomentar :

      @ Hadi
      Iya betul, sebenarnya "kebenaran" itu relatif...
      "Kebenaran" yang kita anut sekrang ini sebenarnya adalah hasil kegigihan perjuangan para "pahlawan" di masa lalu yang memperjuangkan paham/keyakinan subjektif yang ia percayai...
      So, apa itu kebenaran?
      Film "A Few Good Men" merupakan jawaban yang bagus untuk menjawab pertanyaan itu...

    17. 19 Agustus 2008

      #17 Wilson berkomentar :

      [STOP PRESS]
      HOREE!! Blogku berada pada #1 dari 10 besar kategori 4 Flexter Blogging...

      Ayo-ayo yang mau kasih comment silakan jangan malu-malu...
      Aku terima dengan hati terbuka...
      Dirgahayu RI ke-63...
      MERDEKA!!!

    18. 19 Agustus 2008

      #18 aer_sweet berkomentar :

      wow... keyeeeeen...
      didukung dengan berbagai data niy...
      tapi, buat aq...
      pahlawan ituw adalah seorang yang rela berkorban tanpa pamrih dan tanpa mengharapkan imbalan apa2...

      sampai sekarang, pahlawain idola aq adalah bokap aq :-D

      cmoga dgn menjadi nominator nie bs jadi motivasi bwat qta dalam rangka turut serta memajukan bangsa oce...

      teteup SEMANGAT...!!!
      ^o^

    19. 20 Agustus 2008

      #19 putri berkomentar :

      waa...selamat ya mas Lexus, akhirnya cerita pahlawan ini berhasil masuk 10 besar FB. Sangat menyentuh isi tulisannya. Saya juga sadar, menjadi manusia yang berkarakter memang sulit. Namun demikian, asal kita mau berusaha untuk menjadi pahlawan, dengan tujuan yang baik tentunya, niscaya kita bisa menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri, maupun pahlawan untuk orang lain, terutama bangsa dan negara, juga agama.
      Seandainya, semua masyarakat Indonesia ingin menjadi pahlawan,saya yakin, Indonesia akan bangga memiliki rakyat seperti kita.

    20. 20 Agustus 2008

      #20 Nissa berkomentar :

      "Menjadi Pahlawan atau perlahan-lahan menjadi penjahat" ga ada area abu-abu di dalam hidup kita.. bener bangett !!! Salam kenal ya !!

    21. 21 Agustus 2008

      #21 Marlin berkomentar :

      Blognya bagus...mudah2an menang.....

    22. 23 Agustus 2008

      #22 adeajah berkomentar :

      yah, begitulah semangat pemuda saat ini telah terdEgradasi dengan semangat modernisme. Padahal peran pemuda sangatlah penting didalam tatanan bernegara, Sebut saja mulai dari bung Hatta, Boedi Utomo, tan malaka, sam pai soe hok Gie... merupakan tokoh-tokoh muda yang berjaya dalam membangun pemikiran dan gagasan untuk bangsa. Btw pahlawan saat ini ya pemuda, pemuda yang sadar akan realitas sosial, yang mengakui dirinya merupakan bagian dari sekumpulan daging yang bernyawa ^^

    23. 30 Agustus 2008

      #23 marlin berkomentar :

      Ceritanya sungguh mengispirasi saya. Kita sebagai manusia yg terlahir sempurna seharusnya malu melihat Habibie yg memiliki keterbatasan namun bisa bertindak melebihi kita......

    24. 26 Juli 2011

      #24 cardaddy berkomentar :

      Nice resource! How can I share it on the social networks?

    25. 08 November 2011

      #25 Gracyn berkomentar :

      Never seen a btteer post! ICOCBW

    26. 09 November 2011

      #26 Emmy berkomentar :

      Heck of a job there, it asbouletly helps me out.

    27. 09 November 2011

      #27 Dasia berkomentar :

      Thanks for sahrnig. Always good to find a real expert.

    28. 09 November 2011

      #28 Sundance berkomentar :

      That's the best aneswr of all time! JMHO

    29. 09 November 2011

      #29 Lynn berkomentar :

      I can't believe you're not plyanig with me--that was so helpful.

    30. 11 November 2011

      #30 Aggy berkomentar :

      You're on top of the game. Thanks for shanirg.

    Leave a Reply

    Note: Comment untuk tulisan ini tidak diperkenankan format html

    footer